Troubleshooting Keyboard

Tampilan Keyboard Error
Penyebab 1.
Connector keyboard renggang dapat menyebabkan bahwa pesan yang tampil dilayar keyboard error… jika keyboard / connector digoyang, maka kondisi PC dapat kembali normal, tetapi tidak akan bertahan lama.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah kerusakan diatas, yaitu dengan mengganjal connector keyboard tersebut dengan menggunakan kertas, jika ini dianggap sangat mendesak dan anda tidak mempunyai dana untuk sementara, atau dapat mengganti connector keyboard yang baru.

Penyebab 2.
Kemungkinan juga terdapat pada kabel data keyboard tersebut putus. Biasanya putus pada pangkal connector jantannya. Jika sudah begini keyboard tidak akan jalan sama sekali.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah kerusakan diatas, yaitu dengan mengukur kabel data keyboard tersebut dengan menggunakan AVO meter. Jika ditemukan bahwa kabel tersebut ada yang putus, maka ganti dengan kabel yang lain. Tetapi jika tidak berarti kemungkinan ada pada yang lain (socket kotor misalnya).

Penyebab 3
IC controller keyboard yang terdapat didalam keyboard berfungsi untuk menconvert bahasa/code digit menjadi ASCI, yang akan di informasikan ke motherboard, sesuai dengan tombol yang ditekan, jika IC ini rusak, maka keyboard tidak akan jalan sama sekali.

Solusi :
Jika menggunakan keyboard yg terbaru, untuk mengganti IC tersebut tidak mungkin, sebab harga IC controller lebih mahal dibandingkan dengan membeli keyboard yang baru, terutama keyboard yang bekas. Kemungkinan penanggulanngan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengganti keyboard yang lain.

Penyebab 4.
Terkadang diluar dugaan, semua telah diganti sesuai petunjuk yang ada, tetapi keyboard tetap error. Kemungkinan terakhir adalah putusnya sekring pada motherboard yang terletak dekat dengan connector keyboard/ socket betina, yang bertuliskan F1 atau FS1 atau L1. Komponen ini berfungsi untuk menghantarkan tegangan sebesar 5V menuju keyboard. Komponen ini adalah sebuah sekring kecil sebagai pembatas arus, dan jika sekring ini putus maka aliran tegangan menuku keyboard akan terputus pula.

Solusi :
Kemungkinan penanggulangan permasalahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah kerusakan diatas, yaitu dengan mengganti komponen F1(sekring) dengan sekring yang lain, dan ukuran harus sama, jika sekring ini tdak ada, anda boleh menggantinya dengan resistor yang bernilai 0,22 OHM sampa 1 Ohm, ¼ Watt.

0 komentar: